Saturday 9 June 2012

Tips Membeli Kamera Untuk Pemula


Beberapa hari lalu seseorang mahasiswa IKM bertanya “saya mau beli kamera kira-kira kamera apa yang bagus” pertanyaan yang sederhana tapi susah sekali jawabnya.akhirnya setelah lama sharing akhirnya saya mendapatkan kesimpulan ....mudah-mudahan bisa membantu
1.Bulatkan niat dan konsistensi
       Memilih untuk membeli DSLR itu sebuah pilihan yang sulit sebenarnya untuk saya. Kenapa?Karena takut itu hanya kepantingan sesaat saja. Karena tidak dipungkiri juga, kamera DSLR sekarang menjadi tren yang menjamur di Indonesia.
         Jadi, yang pertama harus dilakukan oleh seseorang yang pemula adalah, bulatkan niat dan konsistensi. Pastikan kamera DSLRmu akan dipakai secara kontinyu. Bukan 1-2 minggu saja dari awal pembelian.

2. Cari referensi
        Hal ini perlu banget dilakukan, supaya kita tidak terjerumus ke arah yang salah. Coba cari di internet tentang produk yang kamu inginkan. Kalau kamu bukan orang yang masuk dalam kategori yang memburu tren, pasti sudah lumayan tau produk-produk kamera
        Cari tau produk yang ingin kamu beli, dengan menanyakan di forum internet. Soalnya banyak banget yang membahas tentang berbagai macam kamera. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Atau tanya teman, saudara, pacar, atau kenalan lain yang sudah lumayan tau tentang dunia fotografi.
       Bisa di cari di kaskus.us, fotografer.net, dll, kalo bingung cari aja di mbah google. Semua produsen pasti memberikan produk untuk pemula, seperti canon dengan EOS 1100D, 1000D, nikon D3100, sony dengan Alpha A300, pentax dengan pentax K- m atau olympus dengan E520dll.
            Perhatikan Lingkunganmu lihat teman-teman sekitar paling banyak make kamera merk apa.
3. Buat tabel perbandingan spesifikasi

        Setelah kamu dapet informasi tentang kamera DSLR untuk pemula maka buatlah tabel perbandingan spesifikasi kamera yang kamu incer. Ini bakal membantu kamu jika kamu bener-bener akan menekuni fotografi. atau biar kamu ga dibilang kameramu cupu karena kamu anak yang Cuma ngejar trend.


4. Tentukan budgetmu

         Setelah lumayan tau tentang produk-produk kamera DSLR, pasti kamu harus menilik uangmu. Kalo itu berasal dari ana orang tua, lihat kondisi keuangan orang tua. Kalo kamu bakal beli dengan uangmu sendiri, pastikan kamu cukup dengan budgetmu.



5. Buat tabel perbandingan harga dari berbagai produsen

     Tabel ini bakal berguna banget. Setelah kamu sudah yakin dengan pilihan kamu buatlah tabel perbandingan harga. Biar kamu bisa memperhitungkan keadaanmu setelah membeli DSLR. Karena membli kamera DSLR bukan hanya membeli kamera saja, jika kamu pengen serius, maka kamu harus beli berbagai macam kebutuhan lain.
          Buatlah tabel perbandingan harga kamera dengan berbagai produsen, seperti canon, nikon, sony, dll. Karena kamu sudah mencari referensi sebelumnya kamu juga sudah tau berpa kisaran harganya. Dengan ini akan membantu, mana kamera terbaik yang harus kamu miliki.


6. Buat perbandingan harga dari berbagai toko kamera

       Nah setelah kamu tau mana kamera yang spesifikasinya dan harganya kira-kira pas, langkah selanjutnya. Buat perbandingan harganya dari berbagai toko. Baik itu dari toko online atau toko kamera langsung. Karena biasanya ada sedikit perbedaan, mana tau bisa irit dikit, kan lumayan, bisa buat keperluan beli peralatan yang lain.


7. Finally 

          Bawa uangmu, dan belilah kamera DSLR idaman mu. Dan yakinkan niatmu buat menjaga konsisten tetap menggunakan kameramu bukan buat gaya-gayaan.

Sekiannn...

Semoga bermanfaat....

mohon share,follow dan komentarnya

No comments:

Post a Comment